Cara Memperbesar atau Meningkatkan Ukuran Disk Mesin Virtual (VM) KVM - Linux Debian 12

Teknologi virtualisasi KVM mendukung berbagai format image disk. Dua format disk yang paling populer dan banyak digunakan adalah qcow2 dan image disk mentah.

Yang pertama, qcow2, dianggap sebagai format disk virtual paling serbaguna dan kaya fitur yang menyediakan serangkaian fitur berguna seperti enkripsi AES 128-bit, dukungan untuk banyak snapshot, dan kompresi zlib, dan masih banyak lagi.

Terkadang, Anda mungkin ingin menambah atau mengubah ukuran ruang disk mesin virtual KVM untuk menampung lebih banyak data atau membuat partisi lain.


Langkah 1: Matikan Mesin Virtual KVM

Langkah pertama adalah memastikan bahwa VM yang ukuran disknya ingin Anda perluas telah dimatikan. Untuk membuat daftar semua mesin virtual yang berjalan, jalankan perintah:

# sudo virsh list

# sudo virsh shutdown nama_mesin_kvm

Langkah 2: Temukan Jalur File Image Disk Mesin Virtual KVM

# sudo virsh domblklist nama_mesin_kvm

Dari output, kita melihat bahwa jalur disk virtual adalah /var/lib/libvirt/images/nama_mesin_kvm. Dengan menggunakan jalur disk, Anda dapat mengambil informasi lebih lanjut tentang image disk virtual seperti ukuran virtual seperti yang ditunjukkan.

# sudo qemu-img info /var/lib/libvirt/images/nama_mesin_kvm.qcow2

Langkah 3: Perluas Ukuran Disk Mesin Virtual KVM

Langkah selanjutnya adalah memperbesar ukuran disk mesin virtual. Dalam kasus kami, saya akan memperluas ukurannya dengan menambahkan 20G lagi menggunakan perintah di bawah ini.

# sudo qemu-img resize  /var/lib/libvirt/images/nama_mesin_kvm.qcow2 +20G

Catatan Jika ada snapshot: Anda perlu menghapus semua snapshot yang terkait dengan mesin virtual sebelum melanjutkan lebih jauh. Anda dapat membuat daftar snapshot yang terkait dengan nama domain seperti yang ditunjukkan:

# sudo virsh snapshot-list nama_mesin_kvm

# sudo virsh snapshot-delete --domain nama_mesin_kvm --snapshotname nama_snapshot

Langkah 4: Mulai Mesin Virtual KVM

# sudo virsh start nama_mesin_kvm


Share: